Jumat, 14 Agustus 2015

PENGARUH RELAVANSI BACKLINK TERHADAP SERP BLOG

pengaruh relavansi backlink terhadap serp blog

Kali ini saya akan menulis mengenai salah satu teknik SEO yang lain yaitu Backlink. Pengertian backlink adalah tautan link pada blog yang dimaksudkan untuk membantu peningkatan posisi SERP di Google. Jumlah backlink yang dimiliki situs adalah identik dengan nilai popularitas situs tersebut. Semakin banyak backlink yang tertanan atau tertaut di dalamnya maka tingkat popularitas di dalam SERP juga akan semakin meningkat dengan catatan berasal backlink berkualitas.  Jadi bila ingin menanamkan sebuah backlink jangan asal hantam kromo, perhatikan kualitas backlink dimana ia berasal, Apabila kualitas yang tidak menunjukkan kearah kebaikan maka ada kemungkinan memperburuk dan mempengaruhi kualitas blog Anda juga.
Bagaimana Backlink yang Berkualitas Menurut Google ??

Dalam menentukan kualitas backlink mesin pencari Google mempertimbangkan isi sebuah blog berdasarkan jenis atau relavansi. Backlink yang dimiliki berasal dari situs lain dengan content yang sejenis atau berhubungan dengan situs kita dapat diartikan sebagai backlink yang berkualitas. Bila backlink yang berasal dari situs yang tidak berhubungan sama sekali dengan situs kita maka search engine menganggap relevansinya kurang bahkan akan mencapnya sebagai ajang spamming.

Semakin besar relevansi backlink, Semakin besar pula kualitasnya di mata search engine Google. Sebagai contoh, jika ada sebuah situs dengan tema Belajar Blog menerima backlink dari situs dengan tema Tutorial Blogging maka hubungan relevansi situs itu dianggap berkualitas atau relevan.

Tetapi apabila sebuah blog bertemakan Resep Masakan menerima backlink dari situs Technology Android dapat dipastikan hubungan backlink situs tersebut tidak relevan. Jadi perlu dicatat bahwa "semakin tinggi relevansi situs yang memberikan backlink ke situs kita, Maka semakin berkualitas pula backlink tersebut".

Apa Manfaat backlink?

Backlink bermanfaat untuk membantu meningkatkan tingkat  popularitas situs di mata search engine, Selain itu backlink juga bermanfaat sebagai alat petunjuk yang mengarah ke blog kita bagi pengunjung untuk berkunjung ke situs kita.

Cara Mendapatkan Backlink

Sebenarnya banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan sebuah backlink. Diantaranya dengan submit blog ke web/blog directory,  Social Bookmarking, Berkomentar pada situs atau blog atau Pasang iklan di banyak situs iklan baris gratis di internet dengan pagerank yang lebih tinggi dari situs kita.

Posisi Backlink Yang Baik

Backlink akan semakin berkualitas apabila ditempatkan pada posisi yang strategis. Tapi strategis bagi siapa? Sudah tentu strategis bagi situs yang akan menerima backlink dari situs kita. Sederhana saja, bagaimana mungkin situs kita bisa ditemukan orang lain bila backlink ditempatkan pada tempat yang sulit dicari orang? Banyak petunjuk mengarah ke situs kita namun petunjuk tersebut ditempatkan di hutan, bagaimana orang lain bisa menemukan petunjuk tersebut di hutan, sulit bukan? Nah, untuk situs dengan navigasi yang baik, tentu saja hal ini bukanlah suatu masalah.

Penempatan link dengan Natural Backlink, apa pula itu? Natural backlink adalah penempatan backlink yang disisipkan di dalam konten atau artikel dan dalam bentuk kalimat sehingga terkesan natural. Selain itu, sebaiknya menggunakan backlink berupa text link daripada banner link. Mengapa? Google membaca text link atau anchor link. Mau backlink yang semakin berkualitas lagi? Lakukan deep linking yaitu natural linking yang lebih fokus pada halaman (web page) tertentu dari situs tersebut. Biasanya ini berupa kalimat rekomendasi atau sumber artikel yang kita dapatkan.

Nah, itulah Peran Backlink dalam SEO Blog, Backlink hanyalah membantu peningkatan SERP yang terpenting dalam membuat blog adalah content, Bagaimanapun content merupakan segalanya bagi sebuah blog. Baca juga blog zombie di sini. Semoga dapat memberikan manfaat. Salam blogger

SEO blog
Seoblog Updated at: 8/14/2015

1 komentar:

  1. Schema Creator
    Schemas provide users with an enhanced experience where they are presented with specific details about a particular company or organization on search engine results pages (SERPs). With this tool, you can customize how your results, including your reviews, operating hours, events, etc., will appear on Google and other search engines.
    You can also integrate the schema code easily – it’s as simple as copying and pasting. The tool also has a free WordPress plugin version.
    If you like this tool, there’s also a Scheme app which you can try for free for 14 days. There are multiple price structures depending on your current needs / business size.

    BalasHapus